Cara Mematikan komputer dan Laptop Yang Hang atau Error Not Responding

Cara Mematikan komputer dan Laptop Yang Hang atau Error Not Responding Permasalah yang banyak kita alami pada komputer(PC) atau laptop memang sangat menyebalkan terlebih kita harus segera menyelesaikan pekerjaan kuliah kantor ataupun sekolah. ketika kita sudah mengerjakan tugas yang hampir selesai dan tiba-tiba komputer kita ngehank sangatlah mengganggu namun disini saya akan coba share mengatasi masalah laptop yang ngehank ato bermasalah..

Jika komputer atau laptop kita berhenti begitu saja tidak mau merespon apa pun yang kita perintahkan atau berjalan sangat lambat sehingga tidak menunjukkan tanda-tanda yang berarti maka satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah reset paksa atau dimatikan paksa. Bagi yang sudah mengusai banyak ilmu komputer mungkin informasi ini bukanlah sesuatu yang baru, namun bagi yang masih pemula ini akan cukup membantu.

Untuk laptop, notebook, atau netbook cara mematikannya adalah dengan menekan dan menahan tombol power hingga mesinnya mati. Jika tidak berhasil kita bisa matikan paksa dengan mencabut batre laptop kita ketika kabel listrik masih dialiri listrik. Kemudian setelah batere dicabut, cabut juga colokan listriknya sehingga laptop kita mati total karena tidak ada tenaga cadangan dari batre karena sudah dicabut juga.

Untuk komputer desktop pc biasa kita tinggal tekan tombol reset jika ada. Jika tidak ada maka tekan saja tombol powernya. Jika tidak mati-mati juga maka tekan dan tahan tombol power sampai komputernya mati. Jika benar-benar tidak berhasil maka jalan satu-satunya adalah dengan mencabut colokan kabel listrik komputer kita sehingga komputer pc kita mati karena tidak mendapat pasokan listrik.

Yang perlu kita sadari adalah bahwa cara mematikan paksa sebuah komputer bisa saja menimbulkan kerusakan pada piranti keras (hardware) maupun pada piranti lunak (software). Biasanya yang bisa rusak adalah harddisk dan juga file instalasi windows maupun os (sistem operasi) lainnya. File yang sedang terbuka pun bisa saja ikut rusak (corrupt) sehingga saat normal kembali file tersebut tidak bisa dibuka atau bisa dibuka tetapi tidak menyimpan perubahan data yang dilakukan karena lupa save sebelum hang, crash atau error.