Tips Memilih Nama Domain Untuk web atau Blog Yang Baik

Haloww... ketemu lagi dengan saya nih, kali ini saya ingin share Tips Memilih Nama Domain Untuk web atau Blog Yang Baik Jika anda ingin memiliki sebuah nama domain di internet seperti .com, .net, .org, .info, .name, .web.id, dan lain sebagainya anda sebaiknya memikirkannya matang-matang karena membeli domain bukan untuk dimilikinya selamanya karena beli dalam dunia domain adalah sewa tahunan. Jika anda membeli sebuah nama domain dan kemudian tidak melakukan pembayaran setelah jatuh tempo maka anda bisa kehilangan nama domain anda.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih domain untuk diri kita sendiri yaitu :

1. Jangan Terlalu Banyak Menguasai Nama Domain
Sebenarnya satu nama domain cukup untuk seseorang karena dengan nama domain tersebut dia bisa membuat domain-domain di bawah domainnya. Misalnya kalau anda punya domain saya.com maka anda bisa membuat nama subdomain blog.saya.com, bisnis.saya.com dan lain-lain yang berfungsi sama layaknya domain saya.com.

Memiliki terlalu banyak domain akan memberatkan anda dalam hal pembayaran tiap tahunnya serta dalam pengaturan domain anda. Jika harga sebuah domain adalah Rp.100.000,- pertahun maka jika anda punya 50 domain maka anda harus menyiapkan dana paling tidak Rp. 5.000.000,-.

2. Pilih Nama Yang Sederhana, Singkat dan Mudah Diingat Orang
Hindari nama domain yang susah-susah misalnya seperti pecinta-dunia-internet.com atau karena lebih baik memilih domain tanpa tanda strip dan yang singkat-singkat seperti cintanet.com. Hindari juga menggunakan angka agar pengunjung lebih mudah mengingatnya. Satu kata lebih baik dari dua kata atau lebih. Pilih juga nama yang mencirikan situs web kita, jangan yang aneh-aneh dan nyeleneh agar tidak mudah lupa namanya. Salah pilih nama bisa kena blokir banyak pengunjung karena dari nama domain sudah dianggap situs jahat yang membahayakan.

3. Pilih Ekstension yang Terbaik
Yang paling mudah diingat dan dikenal orang adalah nama domain dengan akhiran .com (dot com) karena orang-orang ingat .com setiap kali ingat internet. Kebanyakan website yang terkenal di internet juga memakai domain .com. Tetapi tetap tidak ada salahnya memilih akhiran domain yang lain jika domain .com sudah ada yang mendaftarkannya lebih dulu.

4. Pilih Tempat Mendaftarkan Domain yang Profesional
Jangan asal pilih tempat kita mendaftarkan nama domain kita karena sangat berpengaruh masa depan blog atau website kita. Bayangkan jika perusahaan yang mendaftarkan domain kita tutup atau memiliki peraturan kepemilikan domain yang berbelit sudah pasti akan membuat kita pusing di masa depan. Cari tempat pendaftaran domain yang sudah lama beroperasi, memiliki petugas yang selalu online 24 jam, dan dikenal luas masyarakat pengguna internet dengan reputasi yang baik.

5. Jujur Dalam Mengisi Formulir Identitas Pemilik Nama Domain
Isilah dengan benar identitas pemilik nama domain anda agar orang bisa menghubungi anda dengan mudah jika ada sesuatu hal. Jika ada permasalahan pun terekam jelas data anda sehingga orang lain tidak jadi mempersalahkannya. Selain itu jika ada orang yang berinat ingin memasang iklan di blog atau website kita bisa segera menghubungi kita. Resikonya mungkin data pribadi kita diketahui banyak orang dan akan ada orang-orang yang mengirim email spam ke alamat email yang kita gunakan sebagai alamat kontak email.

Diatas tadi adalah Tips Memilih Nama Domain Untuk web atau Blog Yang Baik yang bisa saya share untuk anda semua agar kita tidak menyesal di kemudian hari akrena menggunakan nama domain dyg kkurang sesuai dengan yang kita inginkan, dan semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk kita semua khususnya penghobby blog..

TAG : nama domain internet nama domain negara tips memilih domain tips membeli domain domain gratis kita domain merawat domain berita memilih domain kode domain negara contoh nama domain tips memilih nama domain nama domain gratis nama domain yang bagus pengertian nama domain