Pengertian Status Sosial & Kelas Sosial - Stratifikasi/Diferensiasi

Pengertian Status Sosial & Kelas Sosial - Stratifikasi/Diferensiasi Perbedaan ras, suku, agama, pendidikan, jenis kelamin, usia atau umur, kemampuan, tinggi badan, cakep jelek, dan lain sebagainya juga membedakan manusia yang satu dengan yang lain. Beragamnya orang yang ada di suatu lingkungan akan memunculkan stratifikasi sosial (pengkelas-kelasan) atau diferensiasi sosial (pembeda-bedaan). 

Arti Definisi / Pengertian Status Sosial :
Status sosial adalah sekumpulan hak dan kewajian yang dimiliki seseorang dalam masyarakatnya (menurut Ralph Linton). Orang yang memiliki status sosial yang tinggi akan ditempatkan lebih tinggi dalam struktur masyarakat dibandingkan dengan orang yang status sosialnya rendah.

Arti Definisi / Pengertian Kelas Sosial :
Kelas sosial adalah stratifikasi sosial menurut ekonomi (menurut Barger). Ekonomi dalam hal ini cukup luas yaitu meliputi juga sisi pendidikan dan pekerjaan karena pendidikan dan pekerjaan seseorang pada zaman sekarang sangat mempengaruhi kekayaan / perekonomian individu.

Arti Definisi / Pengertian Stratifikasi Sosial :
Stratifikasi sosial adalah pengkelasan / penggolongan / pembagian masyarakat secara vertikal atau atas bawah. Contohnya seperti struktur organisasi perusahaan di mana direktur berada pada strata / tingkatan yang jauh lebih tinggi daripada struktur mandor atau supervisor di perusahaan tersebut.

Arti Definisi / Pengertian Diferensiasi Sosial :
Diferensiasi sosial adalah pengkelasan / penggolongan / pembagian masyarakat secara horisontal atau sejajar. Contohnya seperti pembedaan agama di mana orang yang beragama islam tingkatannya sama dengan pemeluk agama lain seperti agama konghucu, budha, hindu, katolik dan kristen protestan.

Sedikit penjelasan tentang Pengertian Status Sosial & Kelas Sosial - Stratifikasi/Diferensiasi semoga bisa memberikan pengetahuan kita semua tentang ilmu sosial yang harus di terapkan dalam kehidupan bermasyarakat,

TAG : pengertian status sosial makalah status sosial ekonomi achieved status pengertian diferensiasi sosial artikel diferensiasi sosial konflik sosial diferensiasi sosial dan stratifikasi sosial mobilitas sosial stratifikasi sosial stratifikasi dan diferensiasi sosial struktur sosial assigned status stratifikasi sosial peranan sosial pengertian status sosial ekonomi pengertian kelas sosial contoh kelas sosial bahasa dan kelas sosial kelas sosial perilaku konsumen kelas sosial dalam pendidikan status sosial ekonomi adalah status sosial dalam masyarakat cara mendapatkan status sosial status sosial wanita