Wajib Ain, Wajib Kifayah Dan Macam-Macam Jenis Wajib Dalam Agama Islam

Wajib Ain, Wajib Kifayah Dan Macam-Macam Jenis Wajib Dalam Agama Islam Seperti yang kita semua tau dalam Islam dikenal dua buah hukum wajib dalam kehidupan beribadah kepada Allah SWT sehari-hari, yaitu Wajib Ain dan Wajib Kifayah namun diantara kita pasti ada yang belum mengerti, dari situ saya ingin mencoba share agar kita lebih memahami indahnya islam.

1. Wajib Ain / 'Ain
Wajib ain adalah suatu kewajiban untuk melaksanakan suatu perintah Allah SWT yang bersifat wajib mutlak dan berlaku pada setiap orang manusia atau individu di muka bumi ini.
Contoh Wajib Ain :
- Belajar menuntut ilmu "sampai ke negeri Cina"
- Sholat lima waktu
- Berpuasa di bulan ramadhan
2. Wajib Kifayah / Kifayat
Wajib Kifayah adalah suatu kewajiban untuk melaksanakan suatu perintah Allah SWT yang bersifat wajib mutlak dan berlaku hanya pada satu, beberapa atau sebagian orang saja, asalkan pada suatu lingkungan atau komunitas ada yang telah atau dapat melaksanakannya. Secara skala perbandingannya harus sesuai dengan yang dibutuhkan oleh suatu lingkungan tersebut.
Contoh Wajib Kifayah :
- Memandikan, menyolatkan dan menguburkan jenazah orang meninggal
- Membantu orang yang sedang tertimpa musibah
- Membersihkan masjib dan mushola
Dari sedikit penjelasan saya tentang  Wajib Ain, Wajib Kifayah Dan Macam-Macam Jenis Wajib Dalam Agama Islam semoga bisa bermanfaat menjadi barokah untuk kita semua,, amin...