Contoh Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas

Contoh Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas - Berikut ini adalah cara membuat kerajinan tangan sederhana, untuk kegiatan sekolah, melatih ketrampilan kita dalam melakukan sesuatu yang berbeda untuk lebih kreatif dalam berkarya..? dan menciptakan hal yang dapat menghasilkan uang.?

kerajinan tangan

Tips membuat kerajinan Tangan dari Pelepah Pisang

Pelepah Pisang. Jenis pisang bebas, pelepah pisang yang baik adalah yang sudah kering dipohon, kondisi pelepah pisang benar-benar kering (tidak basah atau lembab), pelepah tidak perlu dijemur di sinar matahari (cukup diangin-anginkan saja). Tidak perlu menggunakan bahan pengawet atau ditambah pewarna buatan, karena akan menghilangkan kesan alami lukisan. Corak warna pelepah pisang yang akan digunakan disesuaikan dengan kebutuhan pelukis, sesuai dengan gaya dan tema lukisan. Lukisan yang sudah jadi tidak perlu di vernis (bahan pengkilap lukisan). Supaya lebih indah bisa dipakai pigura dan kaca. Agar lukisan awet dan tahan lama, hindari lukisan dari basah/lembab.

Lem. Tidak ada jenis lem khusus untuk lukisan ini. Lem yang biasa digunakan contohnya ; lem kertas biasa (yang berbahan dasar tepung singkong/kanji/aci, Lem merek FOX yang biasa dijual dipasaran. Lem FOX lebih sering penulis gunakan, karena daya rekatnya yang cukup kuat, walaupun harganya agak sedikit lebih mahal.

Triplek. Biasanya digunakan untuk dasar lukisan. Selain triplek dapat juga digunakan bahan-bahan lain, seperti karton tebal, kayu, dll.

Cara Penempelan Pelepah Pisang, Teknik menempel bebas. Untuk melukis pemandangan, kaligrafi, hewan2, manusia, biasanya penulis menempel latar belakangnya dulu, baru yang terakhir detailnya. Seperti contoh Lukisan Kaligrafi, pertama tempellah latar belakang yang berwarna gelap semua, setelah kering baru tempel tulisan kaligrafinya yang berwarna terang. Agar hasil tempelan merata dan kuat, biasanya setelah pelepah pisang ditempel, lukisan diberi pemberat diatasnya hingga lem kering (seperti dengan kaca tebal, kayu pemberat, buku yang tebal, dll), tujuannya agar lem menempel merata disetiap bagian pelepah pisang yang ditempel.

Untuk tahap tahap pertama, memang dibutuh keuletan dan kesabaran ekstra untuk membuat kerajinan tangan ini, karena bahan dan alat ini tidak lazim digunakan untuk tujuan melukis. Tetapi bila telah mahir dan teknik melukisnya telah didapat sendiri, akan diperoleh sebuah lukisan yang unik dan agak sulit untuk ditiru orang, sehingga nilai jualnya juga lebih baik. Selamat mencoba!





Banyaknya usaha rumahan atau home industri makin menggeliat seiring dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang kian meningkat. 
Banyak usaha kreasi kerajinan tangan yang mendapatkan respon yang baik.  Pemerintah daerah pun ikut membantu terselenggaranya usaha dari kreasi kerajinan tangan ini, dengan sistem UKM atau Usaha Kecil Mandiri.

Macam-Macam Kreasi Kerajinan Tangan

Ada bermacam-macam jenis kreasi kerajinan tangan di Indonesia.  Bahkan setiap daerah memiliki ciri khas kreasi kerajinan tangan sendiri. 
Banyak bahan dasar yang bisa diambil dari alam sekitar maupun memanfaatkan sisa-sisa barang yang sudah tak terpakai menjadi barang yang unik dan menarik.
Macam-macam kreasi kerajinan tangan antara lain:
  • Kreasi kerajinan tangan dari anyaman bambu
    Membuat kreasi kerajianan tangan anyaman bambu ini membutuhkan keahlian khusus.  Tapi semua orang bisa melakukannya dengan latihan.


    Bahan dasar kreasi kerajinan tangan ini adalah bambu.  Banyak benda yang bisa dibuat dari kreasi kerajinan tangan anyaman bambu ini antara lain tas anyaman, tempat sampah, tempat makan, maupun keranjang baju.


    Masih banyak lagi kreasi kerajinan tangan dari bahan bambu ini yang dapat dibuat.  Yang terpenting adalah bahan pembuatnya yaitu bambu, mudah didapat dan harganya relatif murah.
  • Kreasi kerajinan tangan dari bahan bekas
    Kreasi kerajinan tangan dari bahan bekas seperti bahan kardus mie, kertas koran dan majalah maupun plastik bekas bungkusan/kemasan produk (misalnya plastik kemasan sabun pencuci piring cair yang refill/isi ulang).


    Mengolah dan mendaur ulang produk bahan bekas menjadi kreasi kerajinan tangan yang menarik sangat menguntungkan.


    Tidak hanya mendapatkan keuntungan yang lumayan jika dijual, kreasi kerajinan tangan dari bahan bekas ini membantu dalam memanfaat bahan bekas yang tidak dapat diuraikan sehingga dapat menjaga kelestarian alam dengan mengurangi jumlah sampah non organik/plastik.


    Contoh kreasi kerajinan tangan dari bahan bekas ini antara lain: tas tangan dari plastik bekas kemasan sabun cair, yang di sambung dan dijahit membentuk pola sebuah tas yang unik.
    • Kreasi kerajinan tangan dari manik-manik
      Nah, kalau kreasi kerajinan tangan dari manik-manik ini memang harus dilatih terlebih dulu.  Walupun terlihat mudah dalam pembuatannya, tapi karena kecil bentuknya dan membentuk pola seperti bunga dan lainnya, jadi harus telaten dan terus berlatih.


      Kreasi kerajinan tangan dari manik-manik seperti dari batu akrilik masih sangat diminati.  Bahan dasar akrilik dapat dibuat hiasan bunga, tempat tisu, tempat aqua dan lainnya.  Harganya memang agak mahal dan hanya dijual di toko tertentu saja.
    • Kreasi kerajinan tangan dari flanel
      Kreasi kerajinan tangan yang berbahan dasar kain flanel ini banyak sekali macamnya.  Kain flanel adalah kain khusus yang dapat dibuat sebagai hiasan dan bentuk yang lain seperti nama di kaos, boneka flanel, hiasan rambut dan lainnya.


      Kreasi kerajinan tangan dari flanel ini sangt menarik karena warna kainnya yang bermacam-macam dan bisa dibuat sesuatu yang menyerupai bentuk aslinya.  Yang diperlukan hanya inovasi dan kreatifitas dari pembuatnya saja.  Harga bahan kain flanel tidak terlalu mahal dan mudah dicari.

    Nah, banyak bukan kreasi kerajinan tangan ini.  Kalau Anda tertarik untuk membuka usaha di rumah, kreasi kerajian tangan bisa memberikan keuntungan dan tambahan penghasilan juga lho! 
    Kenapa tidak, mulailah mencari bahan dasar pembuatannya yang murah dan terjangkau serta belajar cara membuatnya.  Selamat mencoba!