Tips Cara Mengola Tepung Dari Biji Cempedak

Cara Membuat Tepung Dari Biji Cempedak Kualitas TerbaikTips Cara Mengola Tepung Dari Biji Cempedak, belakangan ini banyak sekali pangan olahan yang selama ini tidak kita ketahui bermunculan. Salah satunya adalah pada artikel ini yaitu tepung cempedak. Artikel ini berisikan cara membuat tepung dari biji cempedak. Cara yang digunakan untuk membuat tepung biji cempedak pun sangat simpel dan sedrhana sehingga dengan mudah bisa dilakukan. Semoga bisa bermanfaat.

Cempedak merupakan buah yang berasa manis dan juga memiliki kandungan vitamin C seperti buah jeruk. Buah cempedak enak sekali untuk diemut dan perjuangan mencari daging buah di antara serat-serat kulit merupakan keseruan tersendiri. Maka tidak salah kalau orang-orang menjadikan cempedak sebagai buah favoritnya.

Di musim cempedak kita akan menemukan banyak sekali jualan buah cempedak di emperan jalan. Nah ketika kita menikmati cempedak,  pasti kita akan menyisakan bijinya. Perlu diketahui bahwa biji cempedak juga bisa makan dengan cara merebusnya terlebih dahulu. Sensasinya sama dengan ketika kita menikmati kacang, butuh perjuangan untuk mengupasnya.

Namun tahukah anda, selain dengan direbus, ternyata biji cempedak juga bisa diolah menjadi tepung sama seperti biji buah lainnya seperti durian, nangka, mangga dan alpukat, ini yang selama ini tidak kita ketahui. Nah untuk cara membuat tepung dari biji cempedak, anda bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.  

Cara Membuat Tepung Dari Biji Cempedak
  1. Pilihlah biji cempedak segar dari buah cempedak yang telah matang, jangan pilih biji yang telah busuk.
  2. Rebus atau kukuslah biji cempedak selama kurang lebih 60 menit, agar kulit biji cempedak mudah terlepas. Sedangkan untuk menghilangkan bau khas dari biji cempedak bisa menambahkan arang batok kelapa. Karbon arang batok kelapa akan menyerap xat bau dari biji cempedak.
  3. Angkatlah biji cempedak yang telah direbus kemudian tiriskan.
  4. Kupaslah kulit biji cempedak untuk menghilangkan kulit keras dan kulit ari biji cempedak. Agar mudah saat mengupas, bisa menggunakan bantuan pisau. Kumpulkan inti biji cempedak yang berwarna putih hasil dari pengupasan.
  5. Jemurlah biji cempedak di bawah sinar matahari selama 4-5 hari untuk pengeringan. Agar lebih mudah bisa menggunakan oven sampai dirasa cukup kering.
  6. Haluskan biji cempedak yang telah kering menggunakan blender sampai halus dan menjadi tepung.
  7. Ayaklah tepung biji cempedak untuk memisahkan tepung biji cempedak yang halus dan kasar.
  8. Kumpulkan tepung yang kasar kemudian di blender kembali agar memperoleh tepung biji cempedak yang halusnya merata.
  9. Kalau tepung masih dirasa lembab bisa dilakukan penjemuran kembali.
Sangat mudah bukat teman-teman? semoga artikel Tips Cara Membuat Tepung Dari Biji Cempedak yang saya tulis bisa bermanfaat. Selain itu baca juga artikel lain mengenai Tips Cara Membuat Keripik Dari Biji Durian. Terima kasih atas kunjungan anda dan selalulah berpikiran positif.