Asal Usul Surabaya | Legenda asal usul kota Surabaya

Asal usul Surabaya Asal Usul Surabaya | Legenda asal usul kota Surabaya - 

Asal usul Surabaya. sedikit informasi tentang Asal usul kota Surabaya telah menjadi legenda yang abadi di hati rakyatnya dan diceritakan dari mulut- ke mulut secara turun temurun. Legenda asal usul kota surabaya merupakan kisah tentang asal usul pemberian nama Surabaya pada kota yang terletak di sebelah utara pesisir jawa dan merupakan ibukota propinsi Jawa Timur.
Asal usul Surabaya dapat di ketahui dari dua kisah legenda yang antara satu dengan lainnya sama sekali tidak ada kaitannya. Legenda asal usul kota Surabaya yang pertama adalah kisah pertarungan/perkelahian ikan Hiu yang bernama Sura dan Buaya. Dikisahkan konon pada zaman dahulu ikan Hiu Sura dan Buaya selalu berkelahi untuk memperebutkan wilayah berburunya. Segala gencatan senjata telah diusahakan, termasuk membuat perjanjian pembagian wilayah. Namun perjanjian itu tidak berlangsung lama, karena ikan hiu Sura ternyata memungkiri janjinya agar tidak berburu di daratan yang menjadi wilayah si Buaya. Perkelahian pun terjadi lagi antara Sura dan Buaya. Hingga akhirnya Sura mengaku kalah dan kembali kelaut. Tempat dimana ikan hiu Sura dan Buaya ini bertarung inilah yang kemudian di namakan SURABAYA.
Asal usul Surabaya yang kedua berasal dari kisah di zaman Raden Wijaya, pendiri kerajaan MAjapahit. Setelah kematian Kertanegara, kerajaan Kediri berada dalam kekuasaan Jayakatwang, pasukan Tar-tar tiba di pesisir utara pulau jawa dengan tujuan untuk menghukum Kertanegara yang telah membunuh dan menganiaya utusan tentara Tar-tar. Namun berkat kecerdikan Raden Wijaya, pasukan Tar-tar di arahkan untuk bertarung dengan pasukan Jayakatwang. Setelah berhasik mengalahkan Jayakatwang, giliran pasukan Raden Wijaya memukul mundur pasukan Tar-tar hingga kembali ke negeri asalnya melalui pelabuhan ujung galuh. Tempat dimana Raden Wijaya berhasil mengalahkan pasukan Tar-tar itulah yang kemudian di namakan Surabaya yang artinya Selamat dari Bahaya. Asal usul Surabaya dari legenda RAden Wiajaya ini adalah Surabaya dari kata Sura yang artinya Selamat atau Jaya dan Baya yang artinya Bahaya. Jadi jika di satukan Surabaya berarti selamat dari bahaya. Bahkan tangga dimana raden wijaya berhasil memukul mundur pasukan Tar-tar di jadikan sebagai hari jadi kota Surabaya.
Demikianlah asal usul Surabaya yang pernah Dj baca dari beberapa artikel dalam buku-buku cerita rakyat, maupun literatur-literatur tentang cikal bakal suatu daerah. Semoga bermanfaat.